BERTAUBAT

Hari kemarin admin memaparkan sedikit materi tentang keagamaan di kelas, dan sekarang admin hendak membagi ilmu nya juga bagi para viewers. materi yang akan saya paparkan mengenai "TAUBAT"

Hakekat taubat menurut arti bahasa adalah kembali dan taba berarti kembali, maka tobat juga mempunyai makna, kembali pula. Sedangkan menurut istilah, taubat berarti kembali ke jalan yang benar setelah tersesat, yaitu ketika kita melanggar syariat allah.

Taubat tersebut adalah suatu keniscayaan bagi manusia, sebab tidak satu pun anak keturunan Adam AS di dunia ini yang tidak luput dari berbuat dosa. Semua manusia, pasti pernah melakukan berdosa. Hanya Nabi Muhammad dan malaikat saja yang luput dari dosa dan maksiyat. Manusia yang baik bukan orang yang tidak berdosa, melainkan manusia yang jika berdosa dia melakukan taubat.
seperti menurut hadist: 

 كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ ، فَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ.

Yang artinya: "Semua anak adam (manusia) berdosa. Dan sebaik-baiknya orang yang berdosa, ialah yang mau bertaubat"

Taubat hukumnya WAJIB.

 ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ‏

Yang artinya: "Bertaubatlah kepada Allah SWT. Wahai orang-orang yang beriman agar beruntung"

Keuntungan yang akan kita dapatkan apabila kita bertaubat, diantaranya adalah:
1. Lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan kasihnya
2. Kedudukannya lebih tinggi di hadapan Allah
2. Do'a yang kita panjatkan lebih mudah dikabulkan

Lalu, Kapan dan Dimana kita harus bertaubat?
Taubat dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi sebaiknya kita melakukan taubat setiap saat, karena belum tentu semua hal yang kita perbuat setiap harinya itu benar, pastilah adanya dosa yang tidak kita sadari. Dan untuk tempatnya, bertaubat tidak memerlukan tempat khusus. seperti halnya kisah nabi yunus yang bertaubat di dalam perut ikan paus.

Taubat kecil bisa dilakukan dengan cara melakukan sholat 5 waktu, maka terhapuslah dosa kecil kita di masa sebelumnya. namun untuk dosa besar, bertaubatlah secara Taubatan Nasuha.

1 komentar:

  1. mari bertoubat



    Supplier Tas Terbesar

Posting Komentar