Pengertian Dan Perkembangan Sistem Operasi Android

Sudah tidak asing lagi dengan istilah Android, dari beberapa pihak pengguna selular sering mengaitkan dengan handphone masa kini seperti smartphone android, tablet android, ponsel android dan juga Samsung android. Pengertian android sebenarnya adalah sebuah sistem operasi yang berbasis linux yang dirancang atau di buat untuk perangkat selular seperti smartphone dan PC tablet.
Pada awalnya android dikembangkan oleh Android, Inc.yang didirikan oleh Palo Alto, Tujuan awal dari pengembangan Android adalah untuk pengembangan sebuah sistem operasi canggih yang digunakan di kamera digital. Namun kemudian beralih ke telepon selular untuk menyaingi Symbian dan windows mobile, dan pada tahun 2005 android diakuisisi oleh google.
Pengertian Dan Perkembangan Sistem Operasi Android
Pengertian Dan Perkembangan Sistem Operasi Android
Pengembang Android adalah Open Handset Alliance Android Open Source Project yang di bentuk dalam pemprograman C (inti), C++, Java (UI). Android ini merupakan keluarga Unix like yang rilis perdana pada tanggal 23 September 2008 dan memiliki target pemasaran yaitu telepon pintar dan juga komputer tablet, versi terbaru adalah 4.4 dengan nama KitKat yang dirilis pada tanggal 31 oktober 2013.
Pengelola paket Google play dan APK yang didukung dengan platform ARM, MIPS, x86. Jenis kernel yang digunakan oleh sistem operasi android adalah Monolitix (modifikasi kernel linux), ruang pengguna Bionic libc shell dari NetBSD dan beberapa utilitas asli dari NetBSD. Yang berlisensi Apace 2.0 Patch kernel Linux berlisensi GNU GPL v2 dengan antarmuka grafis (multi sentuh).

Perkembangan Sistem Operasi Android

Perkembangan android ini sedikit menggelitik gimana tidak nama dari versi android yaitu tentang makanan pencuci mulut, namun bukan hanya itu jika kita melihat dengan detail bahwa versi android di beri nama sesuai dengan abjad.

Dari pertama Android 1.0 (Astro), kedua Android 1.1 (Bender), ketiga Android 1.5 Cupcake, ke-empat Android 1.6 Donut, kelima Android 2.0/2.1 Enclair, ke-enam Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo), ketujuh Android 2.3 Gingerbread, ke-delapan Android 3.0/3.1 Honeycomb, ke-sembilan Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich), kesepuluh 4.1/4.2/4.3 Android Jelly Bean, kesebelas 4.4 Android KitKat.

Android 4.4 KitKat merupakan versi terbaru dari OS Android, Android kitkat muncul bersamaan dengan peluncuran Nexus 5. Sistem terbaru ini dihadirkan oleh Google dengan spesifikasi minimum yang dapat dijalankan dengan menggunakan smartphone kelas low end.
Untuk menjalankan OS ini dibutuhkan spesifikasi smartphone dengan RAM sebesar 512MB, dengan demikian OS Android KitKat dapat ditujukan untuk segala jenis smartphone yang ada di pasaran dan di sematkan pada berbagai jenis perangkat warable yang saat ini banyak dikembangkan.
Demikian informasi yang saya berikan untuk saudara tentang pengertian dan perkembangan sistem operasi Android, semoga dengan adanya informasi ini menjadikan anda mengenal dengan benar OS Android dan juga perkembangannya dari pertama hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar