Donor Darah? Lihat manfaatnya





BANYAK manfaat yang di dapat bila seorang yang melakukan donor darah. Tak hanya menghindari dari penyakit jantung, donor darah juga dapat mengontrol tekanan darah Anda.

Setiap donor darah, pendonor akan menyumbangkan 350 ml untuk mengisi penuh kantong darah. dari satu kantong darah tersebut, akan menolong dua sampai tiga orang. Pasalnya, dari satu kantong darah yang disumbangkan dapat diproses sehingga menghasilkan sel darah merah, sel pembeku darah (trombosit) dan plasma. Sel darah merah biasanya untuk mengganti perdarahan akibat melahirkan atau kecelakaan. Sementara sel pembeku darah (trombosit) digunakan untuk kasus DBD. Sementara plasma untuk bahan protein albumin, pembentuk antibodi.

selain bisa menolong orang lain yang membutuhkan yang nilainya tidak terhingga, aktif donor darah akan tahu status kesehatan secara berkala. Minimal empat penyakit bisa diketahui. Setiap akan donor darah, sampel darah akan diuji dulu apakah bebas HIV, hepatitis B dan C, serta sifilis. Belum lagi juga diukur tekanan darah serta hemoglobin. Jika dihitung dengan uang, untuk memeriksa empat penyakit itu menghabiskan dana Rp 300.000-an setiap pendonor. Selain itu untuk menyeimbangkan kadar zat besi tubuh, mengurangi kolesterol, mengontrol tekanan darah, mendapat kesehatan psikologis karena dapat membantu menyelematkan kehidupan orang lain.


Beberapa penjelasan mengenai manfaat mendonorkan darah:

Sebagai tes kesehatan diri untuk mendeteksi penyakit

Status kesehatan seorang pendonor akan berubah setiap tiga bulan sekali, dan dengan mendonorkan darah ini kesehatan diri,  secara tak langsung Anda sedang memeriksakan diri. Dimana bila memang terdapat penyakit menempel tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya Anda dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh relatif cepat.

Dapat mengurangi kolesterol
Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke sebesar 30 persen. Hal ini bisa terjadi, karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Sehingga badan pun Anda pun jadi lebih sehat. Selain itu juga, dapat mengurangi risiko jantung koroner, dimana kadar Fe (besi) dalam darah menjadi berkurang.
Dapat mengontrol tekanan darah 
Hal ini karena seorang yang rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan dapat membantu mengstabilkan kadar zat besi yang berlebihan.

Dapat mengurangi risiko kanker
Radikal bebas yang kerap memicu kanker di tubuh seseorang, dapat dihilangkan bila darah seseorang zat besi selalu teregenerasi. Inilah salah satu manfaat dari mendonorkan darah.

Kesehatan psikologis meningkat
Kondisi itu muncul karena rasa puas pendonor yang dapat membantu menyelamatkan kehidupan orang lain.




disunting dari:
http://wartakota.tribunnews.com/2013/06/17/ini-keuntungan-menjadi-pendonor-darah
dan http://health.okezone.com/read/2013/06/13/486/821494/manfaat-sehat-mendonorkan-darah

0 komentar:

Posting Komentar