Memahami Macam-Macam Topologi Jaringan

Memahami macam-macam Topologi jaringan komputer sangatlah penting karena sebelum kita membuat sebuah jaringan kita terlebih dahulu harus mengerti tentang skema atau gambaran atau topologi apa yang bagus untuk kita gunakan.
Topologi jaringan komputer atau bisa juga di sebut dengan arsitektur jaringan adalah gambaran atau sebuah perencanaan hubungan antar komputer dalam jaringan LAN ( Local Area Network ), yang umumnya jaringan tersebut menggunakan kabel untuk media transmisinya, konektor, Ethernet card dan perangkat pendukung jaringan computer lainnya.
Memahami Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
Memahami Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer
Topologi jaringan komputer sendiri memiliki beberapa jenis yang sering terdapat pada hubungan antar komputer pada jaringan local area yaitu Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Tree atau disebut juga Hierarchial (Hirarki), Topologi Mesh dan Full Connected dan juga Topologi Hybrid.untuk memahami macam-macam Topologi jaringan komputer lebih lanjut kita bahas satu persatu.

Macam-macam topologi jaringan

Topologi Bus

Topologi bus adalah sebuah bentangan satu kabel yang di kedua unung kabel tersebut ditutup, dimana sepanjang kabel itu memiliki node-node atau titik yang menghubungkan komputer. Dalam topologi ini signal dalam kabel di lewati satu arah sehingga memungkinkan terjadinya tabrakkan atau collision.
Keuntungan
  • Mudah di gunakan karena tidak memakai banyak media, kabel yang digunakan juga banyak tersedia di pasaran.
  • Setiap computer dapat saling berhubungan langsung.
Kerugian
  • Sering terjadi eror/hang/crass talk karena computer harus bergantian untuk memakai jalur akses atau ditambah relay.

Topologi Ring

Topologi ini berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Pergerakan data cepat karena Signal dapat mengalir dengan dua arah sehingga dapat terhindar dari collision.
Keuntungan
  • Terjadinya kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat di atasi dengan jalur lain yang masih terhubung.
  • Penggunaan sambungan poin to pion membuat transmission eror dapat di perkecil.
Kerugian
  • Jika data yang dikirim melalui banyak computer, transfer data menjadi lambat.

Topologi Star

Topologi star memiliki karakteristik node (station) berkomunikasi langsung dengan node yang lain dengan menggunakan central node (Hub/Switch). Signal mengalir dari node ke central node dan di lanjutkan ke node tujuan. Sehingga jika salah satu segmen terputus maka tidak mempengaruhi yang lain.
Keuntungan
  • Akses ke stasion lain cepat (client server).
  • Dapat menerima node baru selama di central node masih tersedia.
  • Hub/Switch bertindak sebagai konsentrator.
  • Hub/Switch dapat disusun seri agar dapat menambahkan jumlah station lagi.
  • User dapat lebih banyak dari pada topologi bus dan ring.
Kerugian
  • Jika trafik data cukup tinggi dan collition maka semua koneksi data akan tertunda dan koneksi akan di lanjutkan dengan cara random.

Topologi Tree

Tidak semua station memiliki kedudukan yang sama. Station yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi akan menguasai station dibawahnya.

Topologi Mesh dan Full Connected

Topologi ini menghubungkan antar centra secara penuh. Topologi mesh ini merupakan topologi dengan teknologi yang khusus (ad hock) yang tidak dapat digunakan dengan menggunakan pengkabelan karena proses yang sangat rumit.

Topologi Hybrid

Topologi ini merupakan gabaungan dari topologi yang ada di atas, yang dapat memadukan dari beberapa topologi yang berbeda baik dari segi system maupun transmisinya.

0 komentar:

Posting Komentar